DIRGAHAYU Pramuka IAIN Antasari Banjarmasin RACANA PANGERAN ANTASARI DEWI SARANTI

Sabtu, 10 Juli 2010

LPJ masa jabatan 2009-2010



KATA PENGANTAR
Salam Pramuka!
Alhamdulillah, segala puji kita sampaikan kepada Allah SWT karena Eksistensi gerakan kita dalam upaya tetap menghidupkan kegiatan kepramukaan di kampus “Hijau” IAIN Antasari ini yang tak terlepas dari peran sang Khaliq yang menciptakan segala kondisi dan memungkinkan bagi kita untuk tetap bersama dalam menjalanan roda organisasi, apapun bentuk juang yang telah kita lakukan. Selanjutnya,  melalui untaian Shalawat dan salam kita basahi lidah kita sebagai tanda bahwa kita tidak lupa akan peran beliau sebagai seorang pemimpin umat yang telah membuktikan keteladanan beliau kepada pengikutnya.
Laporan pertanggungjawaban Dewan Racana kali ini dibuat sesuai dengan perkembangan kondisi Racana sendiri berikut gugusdepannya. Selama satu periode kepemimpinan yang diamanatkan, ada beberapa perubahan dan dinamika kinerja dewan yang terjadi, turun atau meningkat, efektif atau tidak. Namun, semua akan disampaikan dalam satu berkas laporan sederhana meskipun hal ini juga belum bisa menggambarkan secara penuh dinamika kehidupan organisasi Dewan Racana.

Seperti kata pepatah, Persetujuan semua orang susah didapat, seberapa baikpun sebuah manajemen kepemimpinan akan memiliki berbagai kekurangan,  apalagi kita masih dalam tahap pembelajaran organisasi dan memiliki kesibukan masing-masing, baik dalam konteks pribadi atau golongan.
Selama satu periode kepemimpinan kami, pastilah ditemukan berbagai kekurangan yang akan menambah point negatif dalam penilaian sebuah oraganisasi. Oleh karena itu, sebagai kata pembuka laporan ini kami mohon maaf jika atas segala kesalahan, kekhilafan dan kekurangan selama masa bakti yang kami emban.
Selanjutnya, kami juga mengucapkan terimakasih telah diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk belajar memimpin sebuah organisasi. Kami ucapkan terimakasih kepada rekan-rekan dan semua pihak yang telah membantu selama masa bakti yang kami jalani. Kepada rekan-rekan sesama pimpinan lembaga kemahasiswaan, kepada kakak-kakak yang berkecimpung dalam Dewan Racana ataupun kakak-kakak anggota racana dan anggota gugusdepan yang telah bersama-sama eksis dalam organisasi. Tak lupa kami sampaikan terimakasih kepada pihak rektorat, mabigus dan segenap jajarananya serta para pembina yang telah membimbing kami selama ini.
Inilah yang dapat kami berikan dan tentunya tak sebanding dengan pengalaman yang kami peroleh selama menjalankan kepemimpinan Dewan Racana. Kami tak sepenuhnya bisa menjalankan roda organisasi dengan sebaik-baiknya, dan kami sangat berharap generasi selanjutnya dapat memberikan sesuatu yang lebih agar benar-benar bias membawa kemajuan bagi organisasi kita ini.

Banjarmasin, 6 Maret 2009

Dewan Racana
Pangeran Antasari dan Dewi Saranti



Hartani                                                                        Nurhamidah
KDR Pangeran Antasari                                 KDR Dewi Saranti


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

Bab           I           : Pendahuluan
A.    Umum
B.     Maksud dan tujuan
C.     Dasar
D.    Sistematika laporan
Bab           II         : Rencana Kerja Pembinaan Dan Pengembangan
A.    Pendahuluan
B.     Rencana Kerja
C.     Deskripsi Kerja Bidang
Bab           III        : Realisasi program kerja
Bab           IV        : Hambatan dan Tantangan
Bab           V         : Penutup
a.       Kesimpulan
b.      Saran-saran
LAMPIRAN-LAMPIRAN :











BAB I
PENDAHULUAN

A.     UMUM

Dengan segala puji dan rasa syukur Kehadirat Allah SWT, karena berkat limpahan rahmat dan Hidayah-Nya sehingga Dewan Racana Pangeran Antasari dan Dewi Saranti Gerakan Pramuka Gugusdepan Banjarmasin 167-168 pangkalan IAIN Antasari Banjarmasin telah menyelesaikan masa baktinya pada perode 2008/2009, dan menyusun laporan pertanggungjawaban Dewan Racana untuk disampaikan pada Musyawarah Racana (MUSRAC) XIX Gerakan Pramuka Gudep Banjarmasin 167-168 Pangkalan IAIN Antasari Banjarmasin tahun 2009.
Di samping itu, dengan memperhatikan petunjuk Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka yang telah mengatur setiap langkah dan gerak operasional, serta sendi-sendi dasar kehidupan organisasi Gerakan Pramuka yang harus dipatuhi dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam pelaksanaan setiap kegiatannya.
Musyawarah Racana (MUSRAC) XIX Gerakan Pramuka Gudep Banjarmasin 167-168 Pangkalan IAIN Antasari Banjarmasin tahun 2009 merupakan kekuasaan tertinggi dalam Dewan Racana Pangeran Antasari dan Dewi Saranti Gerakan Pramuka Gugusdepan Banjarmasin 167-168 pangkalan IAIN Antasari Banjarmasin yang bertujuan untuk penyampaian pertanggungjawaban ketua Dewan Racana beserta pengurusnya selama satu periode masa bakti yang dijalaninya, menetapkan kembali kepengurusan Dewan Racana yang baru masa bakti 2009/20010, serta menetapkan program kerja Dewan Racana untuk masa bakti 2009/2010.
Kami selaku anggota Dewan Racana Pangeran Antasari dan Dewi Saranti sebagai pengemban amanat Musyawarah Racana pada masa bakti 2008/2009 telah menjalani masa bakti yang diembankan, meskipun Cuma bisa memberikan sedikit kontribusi untuk Gerakan Pramuka, namun itulah yang terbaik yang bisa kami berikan.
Dengan segala keterbatasan yang ada, kami telah berupaya untuk dapat merealisasikan program yang direncanakan pada Musyawarah Racana (MUSRAC) XVIII tahun 2008 yang lalu, dan dapat kami sampaikan realisasi program tersebut seperti yang kami uraikan di bawah ini.

B.     MAKSUD DAN TUJUAN

Laporan ini dimaksudkan untuk dapat dijadikan sebagai acuan dan bahan evaluasi terhadap kinerja Dewan Racana Pangeran Antasari dan Dewi Saranti Masa Bakti 2008/2009. agar tercipta keseragaman dan keselarasan dalam tata kerja Dewan Racana Gerakan Pramuka gugusdepan Banjarmasin 167-168 pangkalan IAIN Antasari.

C.  DASAR

1.      Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
2.      Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
3.      Renstra Gerakan Pramuka 2004/2009
4.      Rencana Kerja tahun 2004 Dewan Racana Pangeran Antasari dan Dewi Saranti


D. SISTEMATIKA LAPORAN

Bab           I           : Pendahuluan
A.    Umum
B.     Maksud dan tujuan
C.     Dasar
D.    Tata urut
Bab           II         : Rencana Kerja Pembinaan Dan Pengembangan
A.    Pendahuluan
B.     Rencana Kerja
C.     Deskripsi Kerja Bidang
Bab           III        : Realisasi program kerja
Bab           IV        : Hambatan dan Tantangan
Bab           V         : Penutup

















BAB    II
RENCANA KERJA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN

 

A.     Pendahuluan


1.   Umum

Berkat rahmat Allah swt. dan  dukungan serta bantuan dari Mabigus, pembina dan seluruh anggota Gerakan Pramuka Gudep Banjarmasin 167-168 pangkalan IAIN Antasari. Secara umum, Dewan Racana Pangeran Antasari dan Dewi Saranti masa bakti 2008/2009 telah melaksanakan program kerja sesuai dengan rencana kerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya, Dewan Racana Pangeran Antasari dan Dewi Saranti masa bakti 2008/2009 merasa perlu untuk membuat sebuah rencana kerja dalam menjalani masa kerja tahun 2008/2009.
Berdasarkan hasil Musyawarah Racana Pramuka Penegak Pandega XVII tahun 2007, dilanjutkan dengan penjabaran rencana kerja pada sidang pleno I dan rapat penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja dewan racana (RAPBDR) tahun 2008, telah disusun rencana kerja tahun 2008 masa bakti 2008/2009.
2.  Maksud dan Tujuan
a.       Rencana kerja ini dimaksudkan untuk menjadi pedoman dan arahan bagi Dewan Racana Pangeran Antasari dan Dewi Saranti dalam melaksanakan tugas, fungsi dan tanggungjawabnya sebagai anggota Dewan Racana masa bakti 2008/2009.
b.      Rencana  kerja ini dibuat dengan tujuan untuk menciptakan keterpaduan gerak, persamaan persepsi pembinaan dan pengembangan pramuka penegak dan pandega di gugusdepan.
3.  Landasan
a.       Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
b.      Keputusan Kwarnas nomor 080 tahun 1989 tentang pola dan mekanisme pembinaan pramuka Penegak dan Pandega
c.       Keputusan Kwarnas Nomor 10 tahun 2004 tentang Renstra Gerakan Pramuka 2004/2009
d.      Keputusan Dewan Racana nomor 05 tahun 2004 tentang Mekanisme Kerja Dewan Racana Pangeran Antasari dan Dewi Saranti
e.       Keputusan Dewan Racana nomor 07 tahun 2004 tentang rencana kerja pembinaan dan pengembangan pramuka penegak pandega

 


B.   RENCANA KERJA


1.      Program Umum
a.        Pendelegasian dalam kegiatan nasional, daerah, cabang dan ranting
b.       Partisipasi Kegiatan Intra Kampus
c.        Konsolidasi anggota gerakan pramuka

2.      Program Khusus
a.        Sekretaris I
Pembenahan Kesekretariatan
Pembuatan KTA
Pengolahan data dan informasi
Sirkulasi surat masuk  dan surat keluar

b.       Sekretaris II
Bakti Sanggar
Pemeliharaan barang dan inventaris
Pengaturan keluar masuk barang

c.        Bendahara
Pengolahan sirkulasi keuangan
Menyusun RAPBDR tahun 2008
Membuat rekening racana

d.       Pemangku Adat
Menyempurnakan adat penerimaan tamu
Menyusun sejarah racana
Malaporkan kondisi dan pelanggaran adat

3.    Program  Bidang
a.         HUT gugusdepan
b.        HUT gerakan pramuka
c.         Latihan rutin
d.        Orientasi Dewan Racana
e.         Aksi kebersihan berkala
f.         Kemah Bakti
g.        Studi Banding
h.        Penerimaan Anggota Baru
i.          Latihan seni
j.        Pelatihan menjadi MC
k.      Pembuatan bulletin NYIUR
l.        PHBI dan PHBN
m.    Pembuatan masakan khas sanggar pramuka IAIN
n.        Pengawasan dan pendataan potensi anggota
o.        Sidang Pleno
p.        Musyawarah racana XIX

C.     Deskripsi Kerja Bidang

1.              Tekpram
a.       Tugas
Mengupayakan peningkatan mutu anggota gerakan Pramuka IAIN Antasari dengan bekal yang cukup tentang teknik-teknik kepramukaan dan orientasi kegiatan bidang ini bersifat pembinaan ke dalam.


b.          Program Kerja
Kegiatan                                                                                        Bulan
1. Mengadakan kegiatan latihan rutin Kepramukaan                                April-Mei 2008
2. Merumuskan materi latihan rutin bagi anggota baru                             April-Mei2008
3. Menyelenggarakan Orientasi Dewan Racana                                        April 2008
4. Mengadakan latihan PASKIBRAKA                                                   Kondisional
5. Menyelenggarakan penerimaan anggota baru (PAB) 2008                   Nopember 2008
6. Penerimaan tamu racana                                                                        Oktober 2008
7. Perayaan HUT  Gugus Depan 167-168                                                 Nopember 2008
8. Mengadakan KMD bagi angota Pamuka IAIN                                                Januari 2009
9. Perayaan Hari Jadi Pramuka ( HUT PRAMUKA )                              Agustus 2008
2.              Kegiatan Operasional
a.       Tugas
Motivator terlibatnya anggota Pramuka dalam setiap kegiatan-kegiatan kepramukaan dan kegitatan lain baik di dalam ataupun di luar, terlebih lagi bagi masyarakat, sehingga ilmu-ilmu yang telah diperolehnya mampu diamalkan dan dipraktikkan, yang akhirnya mampu menunjukkan prestasi dalam segala bidang.
b.          Program Kerja
Kegiatan                                                                                        Bulan
1)              Aksi kebersihan berkala                                                                Rutin
2)              Kegiatan Perkemahan ( diantaranya Kemah bakti dll)                 Agustus
3)              Kemah Wisata                                                                               Maret
4)              Partisipasi dalam kegiatan eksternal Racana                                 Kondisional
5)              Membina satuan Gudep.                                                               Oktober
6)              Studi Banding                                                                               Juni

3.              Pembinaan dan Pengembangan
a.       Tugas
Berupaya untuk menggali potensi yang ada pada anggota, kemudian mengembangkan dengan mengarahkannya pada penyaluran yang tepat terhadap bakat-bakat dan potensi yang ada pada anggota.
b.          Program Kerja
Kegiatan                                                                                        Bulan
1)          PHBI dan PHBN                                                                            April,Mei,Agt
2)          Ukhuwah: Pembacaan Maulid Habsy                                             Rutin
3)          Latihan dan Pembinaan Seni                                                          Rutin
4)          Latihan keterampilan/Scouting life skills                                        Mei-Juni
5)          Pelatihan menjadi MC                                                                    Juni
6)          Warung Tunas Kelapa / Scout Enterpreneurship                            Agustus
7)          Pembuatan bulletin “NYIUR”                                                        September
8)          Pembuatan masakan khas sanggar pramuka IAIN                         Nopember
4.              Penelitian dan Evaluasi
a.       Tugas
Berupaya sebagai pengawas terhadap hasil suatu kegiatan, keaktifan anggota, kontroling kinerja dan kebijakan dewan, yang mana hasil penelitian (temuan) nya dirumuskan dalam suatu rekomendasi yang ditujukan kepada Ketua Dewan Racana untuk diambil sikap dan tindakan kedepan.
b.          Program Kerja
Kegiatan                                                                                        Bulan
1)              Mengawasi dan menilai keaktifan anggota                       April 2008-Maret 2009
2)              Melakukan pendataan anggota                                                     Mei
3)              Evaluasi kinerja per-catur wulan                                       April, Agustus, Desember
4)              Kontroling kinerja dan kebijakan Sangga Kerja dan DR             Kondisional
5)              Musyawarah Racana XIX                                                                        Maret 2009


Catatan :
Catur wulan I              : April-Juli 2008
Catur wulan II                        : Agustus-Nopember 2008
Catur wulan III           : Desember 2008-Maret 2009
Masa pergantian          : Maret-April 2009
































BAB III
REALISASI PROGRAM KERJA
DEWAN RACANA PANGERAN ANTASARI-DEWI SARANTI
MASA BAKTI 2008/2009

A.    Gambaran Umum
Secara umum program Dewan Racana dibagi pada tiga bagian, yaitu:
  1. Program Umum
Dilaksanakan oleh Dewan Racana dan beserta seluruh bidang sesuai kebutuhan dan motif kegiatan tersebut.
a.         Pendelegasian dalam kegiatan nasional, daerah, cabang dan ranting.
b.        Partisipasi Kegiatan Intra Kampus.
c.         Konsolidasi anggota gerakan pramuka
  1. Program Khusus
Pelaksana tugas Program khusus dilakukan oleh Sekretaris I, Sekretaris II, Bendahara, dan Pemangku Adat.
  1. Program Bidang
Pelaksana tugas program bidang oleh ketua bidang Teknik Kepramukaan (Tekpram), Giat Operasional (Giatop), Bimbingan dan Pengembangan (Bimbang), dan Penelitian dan Evaluasi (Litev).

B.     Realisasi Program Kerja Dewan Racana
Untuk perealisasian program kerja ini diantaranya adalah laporan program kerja kepengurusan harian dan laporan pelaksanaan program kerja bidang-bidang yang mana dapat kami uraikan di bawah ini:

I.       SEKRETARIS I
Adapun berbagai aktifitas dan pelaksanaan program kerja yang terealisasi adalah sebagai berikut:
1.      Pembenahan Kesekretariatan
Pada pembenahan kesekretariatan kami berusaha melengkapi sarana penunjang dan fasilitas secretariat.
Dalam melakukan pembenahan kesekretariatan ini Sekretaris I rencananya melakukan pembenahan dua kali namun pembenahan kesekretariatan ini hanya dapat dilakukan satu kali saja yaitu pada bulan Mei. Adapun dalam pembenahan itu adalah membenahi peralatan baik peralatan kantor maupun yang lainnya yaitu melakukan pembelian alat-alat administrasi seperti; kertas HVS atau Polio, tinta printer, dan Kipas Angin.
2.      Pengolahan data dan informasi
Pengolahan data dan informasi ini berusaha menyajikan berbagai informasi dan berkas tentang kegiatan yang akan di selenggarakan secara terbuka
Dalam pengolahan data dan informasi, kami telah melakukan beberapa hal yang kiranya bisa membantu dalam program kerja mengenai pengolahan data diantaranya; pengkhususan file-file dan folder pada komputer sehingga bagi masing-masing pengurus dewan atau sangga kerja dapat dengan mudah mendata file-file mereka baik yang mereka buat ataupun data-data/arsip mengenai bidang atau arsif kegiatan  masing-masing.

Mengenai pengolahan data dan informasi ini seperti pengkhusus kan nomor-nomor surat yang harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, kemudian melakukan pengarsipan setiap hal yang berkaitan dengan administrasi baik itu berupa surat keputusan, surat-surat keluar/surat-surat masuk. Namun kami sadari bahwa dalam pengarsipan ini kami tidak sepenuhnya bisa melakukan sebagaimana yang diharapkan karena ada berbagai hal. Dalam pengarsiapan ini lebih banyak yang bersifat komputerisasi sehingga data-data yang ada tersebut kadang kala tumpang tindih tidak beraturan, contohnya seperti dalam hal data tentang surat-menyurat.
3.      Disposisi surat-surat masuk dan pendataan surat-surat keluar.
Sebagaimana yang seharusnya maka kami sebagai sekretaris I, juga melakukan disposisi surat-surat masuk kemudian melaporkannya kepada KDR baik Pangeran Antasari maupun Dewi Saranti baru setelah itu diagendakan. Mengenai data-data mengenai jumlah surat-surat yang masuk terlampir.
4.      Menjadikan fungsi sanggar sebagai pusat informasi kegiatan dengan menyajikan berbagai informasi dan berkas tentang kegiatan yang akan diselenggarakan.
5.      Mendukumentasikan seluruh aktivitas kegiatan Pramuka IAIN baik berupa foto-foto kegiatan

Hambatan

Dari program kerja yang kami lakukan, banyak sekali hal-hal yang menjadi faktor penghambat bagi kami untuk melakukan program kerja yang akan dilaksanakan. Selain faktor dari kami sendiri yang kurang maksimal sebagi pengelola ada beberapa faktor yang mengakibatnya adanya hambatan dalam perealisasian program kerja ini diantaranya: Dalam hal barang-barang administrasi yang sering kali banyak hilang, karena kurang pengawasan, dan lain-lain.
Bahwa keberhasilan terhadap pelaksanaan program kerja sangat bergantung kepada penyusunan perencanaan yang bersumber pada data dan informasi namun dalam pelaksanaan pencatatan data dan informasi melalui buku-buku administrasi Dewan Racana masih mengalami kesulitan karena tingkat kemampuan yang memadai

II.    Sekretaris II
Secara administratif sekretaris II adalah orang yang memegang jabatan sebagai Kepala Urusan Rumah Tangga yang mendata dan  mengelola keadaan inventaris barang dan keadaan sanggar, namun dalam pengelolaan secara universal dan penggunaan barang itu melibatkan seluruh anggota Gerakan Pramuka itu sendiri.
Program yang dapat terealisasi:
1.      bakti Sanggar
2.      pendataan barang inventaris
3.      pemeliharaan barang Inventaris
4.      pendataan Keluar Masuk Barang
Hambatan yang dihadapi :
Adapun hambatan yang dihadapi adalah sebagai berikut :
1.      kurangnya koordinasi degan dewan yang lain
2.      banyaknya waktu libur, sehingga mempersulit untuk mendata keluar masuk barang



III. Bendahara
Selama kepengurusan ini, bendahara Dewan melakukan tugas secara khusus dalam tata usaha umum yang mencakup pengelolaan keuangan dewan racana dan juga gugus kerja dalam setiap kegiatan.
Adapun program keja yang telah dilaksanakan adalah:
a.       Pengolahan sirkulasi keuangan
b.      Menyusun RAPBDR selama masa bakti kepengurusan.
Mengenai sumber dana dalam rangka proses pengelolaan Pramuka yang ada di antaranya bersumber dari Rektorat, sawadaya anggota, Usaha profit, kontribusi peserta  kegiatan, dan juga usaha yang tidak mengikat.

IV. Pemangku Adat
Dari program kerja yang dilakukan, telah direalisasikan tiga kegiatan adat sebagai berikut ;
1.  Melakukan Kegiatan Adat
Kegiatan Adat ini dilakukan dalam setiap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Dewan Racana, terutama dalam hal kegiatan-kegiatan yang bersifat penting seperti pada pergantian pengurus, adat penerimaan tamu, penerimaan anggota baru, pengukuhan dan pelantikan anggota baru, dan kegiatan lainnya.
2.  Menyempurnakan Adat Penerimaan Tamu
Dalam adat penerimaan tamu ini yaitu penerimaan anggota baru, kami telah melakukan perangkuman kembali tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh seorang anggota yang ingin masuk pramuka.

Program kerja yang tidak terlaksana yaitu:
Penyusunan sejarah Racana yang mana kami telah berusaha namun rasanya sangat sulit untuk menghimpun informasi dari para pelaku sejarah pendiri pramuka ini, sehingga sulit juga untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Hambatan
Ada juga ditemukan beberapa pelanggran adat akan tetapi kesulitan untuk melakukan tindakan-tindakan adat, karena pelanggaran itu sifatnya tidak terlalu fatal dan hanya berskala kecil, seperti merokok di dalam sanggar dan sebagainya, sehingga sulitnya memberikan tindakan yang tegas terhadap para anggota yang sekiranya anggota itu telah melanggar ketentuan adat.


  1. LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM KERJA BIDANG DEWAN RACANA PANGERAN ANTASARI-DEWI SARANTI MASA BAKTI 2008/2009.


I.       Bidang Teknik Kepramukaan (Tekpram)
Program ini berfokus kepada penyelenggaraan Kepramukaan di Gudep, penerapan dan pengembangan Program Kegiatan Pramuka yang memberikan perhatian lebih dan tekanan secara khusus pada:
a.       pendidikan watak, nilai dan disiplin,
b.      pendidikan kebangsaan dan persatuan bangsa,
c.       Pendidikan perdamaian,
d.      pendidikan lingkungan,
e.       Pendidikan pembangunan

Program kerja yang terlaksana:
1.      Mengadakan kegiatan latihan rutin Kepramukaan, , kegiatan ini bertempat di depan Gedung Student Canter (SC). Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu pagi mulai tanggal 13 April 2008.
2.      Merumuskan materi latihan rutin serta pembagian kelompok bagi anggota baru selama 4 minggu.
3.      Menyelenggarakan Orientasi Kepengurusan Dewan Racana Pangeran Antasari dan Dewi Saranti yang dilaksanakan pada tanggal 30 April 2008 bertempat di Aula Gedung Student Canter (SC) .
4.      Latihan Kepramukaan ( PASKIBRAKA) yang dilaksanakan bersamaan dengan latihan rutin.
5.      Mengadakan penerimaan anggota  baru (PAB) . Kegiatan ini dilaksanakan pada  21 November – 14 Desember 2008, Kegiatan ini terdiri dari pendaftaran bertempat di depan Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah, wawancara, Orintasi  dan  Pendidikan Kepramukaan ( OPK), seanjutnya Kemah Kader bertempat di wilayah wisata Mandi Angindi lanjutkan dengan kegiatan ziarah ke makam Pangeran Antasari pada 6 April 2008 yang diawali dengan pengarahan tentang sejarah Pangeran Antasi bertempat di Gedung Student Santer (SC).
6.      Penerimaan Tamu Racana yang dilaksanakan pada 18-19 Oktober 2008, bertempat Lingkungan IAIN Antasari dengan pusat kegiatan di halaman fakultas Ushuluddin.
7.      Perayaan HUT GUDEP 167-168 Pramuka IAIN Antasari yang dilaksanakan pada tanggal 20 November 2008 bertempat di Laboratorium dan Produciont Hours Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Antasari., dilanjutkan dengan kegiatan OPK di ruangan Jurusan KI / BKI AMPI Fakultas Tarbiyah.

Program kerja yang tidak terlaksana
a.       Perayaan HUT Gerakan Pramuka tgl 14 Agustus
b.      Mengadakan KMD bagi anggota Pramuka IAIN Antasari.

Kendala yang dihadapi selama kepengurusan:
-       Kurangnya koordinasi dengan dewan yang lain
-       Kurangnya dana dalam setiap pelaksanaan kegiatan
-       Banyaknya waktu libur, sehingga waktu yang tersedia untuk melaksanakan kegiatan mundur (molor)

II.    Bidang Kegiatan Operasional (Giatop)
Adapun program kerja yang telah dilaksanakan oleh bidang kegiatan operasional adalah:
a.       Melaksanakan aksi kebersihan berkala (bakti sanggar) pada bulan April 2008, Juni 2008, Agustus 2008 dan November 2008.
b.      Partisipasi dalam kegiatan eksternal Racana
c.       Membina satuan Gudep.

Program kerja yang tidak terlaksana:
a.       Mengadakan aksi Kebersihan berkala pada bulan Mei, Juli, September, Oktober, Desember 2008. Serta Januari – Maret 2009.
b.      Kemah Bakti
c.       Kemah Wisata

III. Bidang Bimbingan dan Pengembangan (Bimbang)
Bidang ini berfokus kepada penggalian potensi yang ada pada anggota, kemudian mengembangkan dengan mengarahkannya pada penyaluran yang tepat. Bidang ini lebih ditekankan pada:
a.       Latihan Keagamaan
b.      Latihan Seni
c.       Pengembangan Minat Bakat
d.      Pengembangan keterampilan
Program kerja:
a.       PHBI dan PHBN
b.      Ukhuwah: Pembacaan Maulid Habsy
c.       Latihan dan Pembinaan Seni
d.      Latihan keterampilan/Scouting life skills
e.       Pelatihan menjadi MC
f.       Warung Tunas Kelapa / Scout Enterpreneurship
g.      Pembuatan bulletin “NYIUR”
h.      Pembuatan masakan khas sanggar pramuka IAIN

Program kerja yang terlaksana:
a.       Pembacaan Maulid Habsy pada bulan April 2008, 21 Mei 2008, 28 Mei 2008, 4 juni 2008, 11 Juni 2008, 3 Desember 2008, 24 Desember 2008, 31 Desember 2008 dan 4 Maret 2009.
b.      Melaksanakan Pelatihan Tari Japen sebanyak 8 kali latihan.
c.       Melaksanakan pelatihan Musik Panting sebanyak 6 kali.
d.      Scouting life skills pada tanggal 20 Mei 2008 dengan materi desain grafis menggunakan Compupic Pro, tanggal 3 juni 2008 dengan materi desain grafis menggunakan Art Border, tanggal 10 juni 2008 dengan materi desain grafis menggunakan Adobe Photo Shop.
e.       Scout Enterpreneurship dengan materi cara pembuatan telor asin pada tanggal 17 Juni 2008. Warung Tunas Kelapa pada tanggal 16 – 21 agustus 2008 di halaman Auditorium IAIN Antasari Banjarmasin.
f.       Peringatan Hari Besar Islam yaitu Buka Puasa Bersama pada tanggal 14 September 2008.
g.      Partisipasi INTRO KAMPUS 2008 yaitu pendelegasian tim Keamanan.
h.      Pembuatan Blog Racana pada tanggal1 Januari 2009 dengan Alamat website: www.pramukaiainantasari.com

Program kerja yang tidak terlaksana:
a.       Pembuatan bulletin “NYIUR”
b.      Pembuatan masakan khas sanggar pramuka IAIN.
c.       Pelatihan Master of Ceremony (MC)

Kendala yang dihadapi selama kepengurusan:
-       Kurangnya koordinasi dengan dewan yang lain
-       Kurangnya dana dalam setiap pelaksanaan kegiatan
-       Pengurus Melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sehingga masa jabatan kurang efektif.
-       Banyaknya waktu libur, sehingga waktu yang tersedia untuk melaksanakan kegiatan terpaksa ditunda.

IV. Bidang Penelitian dan Evaluasi (litev)
Program ini merefleksikan hasil monitoring dan evaluasi pada setiap kegiatan, untuk dikaji ulang sehingga dapat menekankan perbedaan dalam setiap kegiatan. Bidang ini juga berupaya sebagai pengawas terhadap hasil suatu kegiatan, keaktifan anggota, kontroling kinerja dan kebijakan dewan, yang mana hasil penelitian (temuan) nya dirumuskan dalam suatu rekomendasi yang ditujukan kepada Ketua Dewan Racana untuk diambil sikap dan tindakan kedepan.

Program Kerja
a.       Mengawasi dan menilai keaktifan anggota
b.      Melakukan pendataan anggota
c.       Evaluasi kinerja per-catur wulan
d.      Kontroling kinerja dan kebijakan Sangga Kerja dan Dewan Racana
e.       Musyawarah Racana XIX.

      Alhamdulillah semua program kerja  bidang LITEV bisa terlaksana meskipun terkesan kurang maksimal karena beberapa kendala.

Kendala yang dihadapi selama kepengurusan:
-       Kurangnya koordinasi dengan dewan yang lain
-       Kesadaran dari sangga kerja dalam melaporkan hasil kegiatan masih rendah.
-       Adanya kendala khusus dari kabid litev putra yang terpaksa melepaskan jabatan meskipun sudah di akhir masa bakti.

















BAB IV
HAMBATAN DAN TANTANGAN


SPESIFIKASI PROBLEM/HAMBATAN

1.      Hambatan Internal Dewan Racana
-              Mekanisme kerja yang belum secara optimal dilaksanakan
-              Kurangnya persamaan visi dan persepsi terhadap tugas pokok sebagaimana yang diatur dalam rencana kerja dan mekanisme kerja.
-              Masih kurangnya pemanfaatan Dewan Racana sebagai wadah komunikasi dan layanan informasi.
-              Adanya kesibukan-kesibukan maupun rangkap jabatan para pengurus, sehingga dalam melaksanakan tugas pokoknya berdampak pada aktifitas keseharian organisasi.
-              Masih perlunya meningkatkan rasa persaudaraan dan tanggungjawab sesama pengurus Dewan Raacana.

2.      Hambatan Eksternal Dewan Racana
-              Program kerja yang disajikan masih belum mampu menjawab kebutuhan ataupun minat anggota Gerakan Pramuka.
-              Kurang lancarnya hubungan dengan pembina, mabigus, kwartir secara maksimal karena adanya hambatan internal.
-              Kurangnya kualitas kegiatan mengarah kepada pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka IAIN.


TANTANGAN
Penafsiran keadaan strategik mengungkapkan adanya lima tantangan yang harus ditanggapi,  yakni :
1.   Pembekalan nilai kepada anggota muda
Perkembangan lingkungan menunjukkan kecenderungan semakin meningkatnya ancaman yang berdampak negatif pada generasi muda Indonesia. Pembekalan nilai-nilai kehidupan, akhlak, watak dan disiplin yang dapat merupakan perlindungan dan ketahanan dirinya, perlu lebih diperhatikan dan ditingkatkan.
2.   Memenuhi kebutuhan Pembina-Pembina Mahir
Menghadapi permasalahan berat dalam perkembangan lingkungan strategik yang akan datang, tampaklah betapa pentingnya peran dan tugas pembina-pembina pramuka. Semakin tinggi urgensinya: Penyediaan pembina pramuka yang berkualifikasi tepat, berkomitmen kuat akan tugasnya, dan berkemauan untuk mengembangkan kecakapan, ketrampilan serta sikap yang dituntut oleh fungsinya.
3.  Organisasi Gerakan Pramuka yang lebih baik
Pengembangan kelembagaan, struktur organisasi dan sistem-sistem yang lebih efektif, ramping dan sederhana, yang dapat disesuaikan dengan kondisi daerah yang masing-masing sangat bervariasi dalam hal bentuk geografis wilayah, prasarana dan sarana, serta penyebaran dan kepadatan penduduknya.

4.   Kemandirian Dana
Mengupayakan kemandirian dalam hal pendanaan guna mendukung program dan kegiatan Gerakan Pramuka.
5.   Pramuka sebagai Perekat Bangsa
Adalah aspirasi dan harapan bangsa, bahwa dalam keadaan krisis yang dihadapi bangsa Indonesia, Pramuka Indonesia dapat menjadi perekat bangsa yang dapat turut menyelamatkan bangsa dari perpecahan dan disintegrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia.









































BAB V
P E N U T U P

Dalam Pelaksanaan tugas Dewan Racana Pangeran Antasari – Dewi Saranti masa bakti 2008/2009 ada beberapa karya nyata yang dilakukan dengan segala keberhasilan dan kekurangannya, yang semuanya itu tidak terlepas dari peran dan kreatifitas anggota Gerakan Pramuka Gudep Banjarmasin 167-168 pangkalan IAIN Antasari.
Atas dasar pengalaman masa lalu khususnya masa bakti 2008/2009, guna meningkatkan mutu dan jumlah anggota dewan serta meningkatkan daya gerak yang dinamis dan berwawasan masa depan disarankan kepada kepada peserta musyawarah untuk dapat:
1.      Menyegarkan kepengurusan Dewan Racana masa bakti yang akan datang dengan personil yang tanggap, tangguh dan penuh didikasi serta mempunyai kreatifitas yang tinggi dalam menunaikan tugas serta mempunyai tanggung jawab yang tinggi.
2.      Musyawarah Racana kali ini diharapkan dapat menetapkan program kerja Dewan Racana yang lebih realistis, praktis dan bersahaja.
3.      Pembekalan nilai kepada anggota dengan nilai-nilai kehidupan, akhlak, watak dan disiplin yang merupakan perlindungan dan ketahanan dirinya
4.      Memenuhi kebutuhan Pembina-Pembina Mahir untuk menghadapi permasalahan berat dalam perkembangan lingkungan strategik yang akan datang.
Demikian laporan pertanggungjawaban ini kami sampaikan di depan forum Musyawarah Racana XIX. Selanjutnya, kami serahkan kepada forum untuk memberikan pandangan umum terhadap laporan ini meskipun untuk menemukan kesepakatan semua orang adalah sulit. Namun, hanya inilah  yang dapat kami berikan selama masa bakti kami. Mudah-mudahan kakak-kakak sekalian dapat menerima laporan ini sebagai hasil kerja kami selama masa bakti 2008-2009.
Kepada semua pihak yang telah membantu baik moril maupun materiel kami ucapkan terima kasih. Khususnya kepada Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan Banjarmasin yang telah berupaya sebaik mungkin memberikan bantuan keuangan, pasilitas, petunjuk dan bimbingan sehingga terlaksana tugas dan tanggung jawab Dewan Racana masa bakti 2008-2009.
Selaku pimpinan Dewan Racana kami menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kakak-kakak anggota racana dan pengurus Dewan Racana serta permohonan maaf yang sebesar-besarnya bila mana dalam pelaksanaan tugas-tugas kami selama ini ada hal-hal yang kurang berkenan atau tanpa kami sengaja dan sadari telah berbuat kesalahan dan kehilapan serta kekeliruan.



Banjarmasin, 6 Maret 2010



DEWAN RACANA
PANGERAN ANTASARI DAN DEWI SARANTI




             Hartani                                                                      Nurhamidah

KDR Pangeran Antasari                                                     KDR Dewi Saranti





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pramuka IAIN Antasari Banjarmasin. Diberdayakan oleh Blogger.