DIRGAHAYU Pramuka IAIN Antasari Banjarmasin RACANA PANGERAN ANTASARI DEWI SARANTI

Sabtu, 21 Juli 2012

Sepenggal cerita mengikuti kegiatan Perkemahan Wirakarya PTAI XI Batam


Sebelum berangkat kebatam banyak tahapan yang saya lalui, mulai dari tahapan seleksi disambung dengan pendidikan karakter selama satu bulan, selama dua bulan itu banyak ilmu yang saya dapat baik itu dari segi penguasaan emosi maupun referensi kepramukaan saya, tapi saya rasa, saya banyak mendapatkan ilmu penguasaan emosi.
Alhamdulillah selama tahapan berlangsung tidak banyak kendala yang saya lalui, walaupun ada, itu saya jadikan cambuk untuk memicu saya untuk berjuang lebih gigih lagi. Sebagai anggota pramuka yang tidak memiliki latar belakang mempunyai ilmu kepramukaan saya agak sedikit kesusahan menyesuaikan diri dengan kakak kakak karena mereka banyak mempunyai referensi ilmu kepramukaan, tapi bukan seorang Ahmad haryadi kalau menyerah ditengah jalan.

Saya tidak menyangka bahwa saya terpilih untuk mengikuti kegiatan PW PTAI XI yang dilaksanakan di Batam, mengapa saya berbicara seperti itu, karena seperti yang saya terangkan di atas bahwa saya adalah orang yang tidak banyak memiliki referensi ilmu kepramukaan, mungkin tim seleksi menginginkan saya untuk belajar lebih banyak oleh karena itu mereka memilih saya untuk mengikuti kegiatan tersebut.
Banyak ilmu yang saya dapat dari kegiatan itu terutama membentuk emosi, kesabaran saya diuji kadang saya harus mendahulukan kepentingan kelompok ketimbang kepentingan pribadi, dengan saya mengikuti kegiatan ini saya bisa mengenal karakter, kesenian, kebudayaan, keunggulan, bahasa, dari daerah-daerah yang ada di Indonesia ini.
Banyak hal yang saya kurbankan, baik itu menyangkut dana, waktu kuliah dan sebagainya, mengapa saya bisa berbicara kalau semua itu adalah pengurbanan saya, apalagi menyangkut masalah dana, ini adalah hal yang paling sulit mungkin karena keluarga saya adalah keluarga yang ekonominya menengah kebawah jadi saya merasa danalah yang menjadi beban pikiran saya.
Tapi semua pengurbanan itu terbalas dengan ilmu yang saya dapat, mungkin hanya sedikit yang saya bisa ceritakan terimakasih buat tim seleksi, kakak-kakak yang ikut andil dalam kegiatan partisipasi PW PTAI XI di batam, dan terimakasih juga kepeda kakak-kakak kontingen PW Batam yang susah payah membantu saya, mendukung, memberikan semanagat, dan hal-hal lain yang bersifat mendukung dan membentuk polo fikir yang positiv, terus jaga kekumpakan kita dalam berpramuka,
Ada satu pepatah yang saya ingat “ berat sama dipikul ringan sama dijinjing”
Sembuyan yang saya terapkan“ Badalas balangsar dada lamun manyarah kahada waja sampai kaputing”
Salam pramuka....!!!

Biodata Penulis
AHMAD HARYADI.jpgNama: A haryadi
TTL: Jambuburung keramat 29-09-1990
Organisasi: Anggota pramuka aktif Racana Pangeran
Antasari – Dewi saranti IAIN Antasari Banjarmasin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pramuka IAIN Antasari Banjarmasin. Diberdayakan oleh Blogger.